Kamis, 16 Februari 2012

Pulau Untung Jawa

Wisata Jakarta, Pulau Untung Jawa

Pulau Untung Jawa merupakan salah satu pulau dalam gugusan Kepulauan Seribu. Pulau ini terletak di sebelah barat Teluk Jakarta. Untuk menuju pulau ini kita bisa melalui dua tempat: muara Angke dan Pantai Tanjung Pasir, Tangerang. Dari Muara Angke, kapal tujuan dan Pulau Tidung selalu menyediakan kesempatan bagi siapapun untuk singgah sebentar di Pulau Untung Jawa. Ini dikarenakan letak Pulau Untung Jawa yang terdapat di tengah-tengah, diantara pulau-pulau yang dilewati kapal penyebrangan.
Dari Pangerang, Pantai Tanjung Pasir, kita bisa mencapai pulau untung Jawa dalam waktu 20 menit. Transportasi di Pantai Tanjung psir – Pulau Untung Jawa Meggunakan kapal kecil bertenaga Diesel truk. Ongkosnya juga murah, hanya 7000 sekali jalan. Ada tips bagi yang mau ke sini, kita harus janjian sama pemilik perahu untuk dijemput sore harinya, kalau tidak, bisa tak dapat perahu untuk kembali ke daratan.
Kalau berangkat dari Tanjung Pasir, kita akan melewati Pulau Rambut, yang berdekatan dengan Pulau Untung Jawa. Pulau ini adalah suaka marga satwa burung, maka sering dijuluki pulau burung. Tapi untuk masuk ke pulau rambut harus ijin dulu, misalnya penelitian atau liputan.
pulau rambut
Pulau Rambut
Pulau untung Jawa merupakan Pulau kecil dan berpenduduk. Di sini obyek alam yang bisa dinikmati adalah hutan bakau dan pantai yang alami. Anda bisa memancing atau berenang di pantai yang ombaknya kecil. Di bagian utara ada pantai dengan hutan bakau dan dermaga, bagian selatan pantai dengan batu karang. Untuk makan, tersedia ikan bakar dengan harga terjangkau. Cukup mengeluarkan uang 50 ribu, dan anda akan bisa menikmati ikan bakar berserta sambal dan nasi untuk 6 orang. Tersedia juga menu lain, Bakso, gado-gado, nasi goreng, dan mie goreng.
hutan bakau pulau untung jawa
pantai dengan pohon bakau di Pulau Untung Jawa
Bagi yang mau menginap, tersedia penginapan murah mulai 60 ribu semalam. 
pantai pulau untung jawa
Pantai Pulau Untung jawa
Secara umum pulau ini bagus untuk acara kumpul bersama teman-teman atau keluarga. Namun mungkin karena pulau kecil, belum tersedia banyak fasilitas pendukung untuk wisatawan. Transportasi penyeberangan yang hanya pagi dan sore. Lebih baik janjian sama pemilik kapal untuk menjemput di sore harinya.
Anda dengan anggaran pas-pasan, pulau ini bisa menjadi pilihan untuk sekedar merasakan, sampai ke kepulauan Seribu. Naik motor ke tanjung Pasir, naik perahu ke Pulau Untung Jawa. Biaya: 20 ribu untuk bensin full + 15 ribu untuk perahu = 35 ribu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar